MINDFULNESS DI TEMPAT KERJA YANG PERLU KAMU KETAHUI

"The energy of being aware and awake to the present moment" adalah bagaimana Thich Nhat Hanh, seorang biksu Buddha peraih nominasi Nobel Prize menggambarkan mindfulness. Mindfulness telah dipraktekkan sejak dulu oleh para guru dan pelatih Yoga, dan sekarang diyakini berperan penting untuk mendukung kesejahteraan di tempat kerja.

Faktanya, mindfullness di tempat kerja sekarang terasa sangat penting untuk diterapkan dibanding sebelumnya. Karena semakin terus menerusnya komunikasi dan distraksi dari telepon, email, pesan teks, dan media sosial. Mempraktekkan kesadaran atau mindfulness dapat meningkatkan produktivitas, kesejahteraan mental, ketahanan, dan mengurangi stres1, karena membawa diri untuk fokus dan menjalani apa yang sedang terjadi, sambil mengurangi kekhawatiran tentang "apa yang mungkin terjadi".

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Napas

Sangat jelas bahwa kita semua bernafas bukan? Ternyata, pernapasan dapat memiliki pengaruh besar pada kebahagiaan atau kesejahteraan. Saat mengalami stres, cobalah tarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya selama tiga kali dengan hanya berfokus pada pernapasan. Coba hilangkan pikiran lain dan tetap tenang menghadapi masa ini. Jika memiliki kesempatan untuk bermeditasi, hal tersebut lebih baik lagi. Catat di dalam buku harian untuk memastikan bahwa itu adalah komitmen rutin untuk dilakukan

Ungkapkan terima kasih

Sangat mudah untuk menjalani hari tanpa benar-benar memikirkan apa yang terjadi di sekitarmu. Namun, luangkan waktu untuk mengapresiasi kontribusi anggota tim kerjamu dan ucapkan terima kasih untuk mereka. Tindakan sederhana ini dapat mengangkat mood orang lain dan membuatmu merasa lebih bersyukur atas lingkungan kerja tempatmu berada.

Bekerja di masa sekarang

Tidak diragukan lagi, pasti kamu punya daftar tugas yang sangat banyak bahkan jutaan hal yang dipikirkan. Tenang dulu, pilih satu tugas dan pastikan memberikan perhatian yang penuh. Fokus pada tindakan menyelesaikan tugas itu dan abaikan pikiran lain dengan perlahan dan jangan terlalu khawatirkan apa yang bisa terjadi di masa yang akan datang, masa lalu atau terganggu dengan tugas lainnya.

Email dengan penuh perhatian

Banyak dari kita akan mengirim banyak email setiap hari tanpa benar-benar memikirkannya. Lain kali, saat kamu menekan tombol kirim, luangkan beberapa saat untuk menarik napas dalam-dalam dan pertimbangkan isinya. Apakah itu benar-benar mencerminkan apa yang ingin dikatakan dan kira-kira bagaimana perasaan orang yang membacanya nanti? Tujuannya adalah memastikan setiap interaksi yang ada di email pada akhirnya mengarah pada hasil yang positif.

References: